What is your morning routin?

Pagi adalah tentang memulai, menata dan menghargai hidup dan kehidupan

Ada banyak pilihan saat kita memulai hari. Bermalas-malasan dengan kasur, bergegas bangun dan melakukan aktifitas, atau membuka mata namun diri tetap masih berada di atas kasur. Memulai apa-apa pada masing-masing kita memanglah tak perlu sama. Tapi menjalani pagi dengan seabreg to-do list /hal yang sudah dipersiapkan akan lebih membuat kita mensyukuri hari, bukankah begitu?

Infographic start the day

gambar diambil dari sini

Masih terngiang dalam ingatan saat masa kecil dulu, aku masih berusia 10 tahun-an. Saat ada mbak-mbak yang mondok, ada satu orang yang cukup dekat denganku dan keluarga. rutinitas yang kulihat setiap ku terbangun dari tidur adalah melihat mbak sudah berkutat di dekat sumur sembari mencuci pakaian. Semerbak wangi menandakan bahwa si Mbak juga sudah mandi sebelum subuhan. Aku selalu kagum dan bertanya-tanya, kenapa harus sepagi itu melakukan hal-hal yang sebenarnya bisa kita lakukan bahkan pada siang hari sekalipun?

Setelah menginjak bangku MTs aku semakin menemukan jawaban-jawaban dari kebiasaan si Mbak tersebut. Jawaban tersebut aku temukan dari bebreapa buku yang telah kubaca dan manfaat yang aku rasakan saat bangun pagi dan melakukan aktifitas. Manfaatnya antara lain:

  1. Membuat kita bersyukur; yakinlah ini bukan kata-kata indah semata. Ingat, ada doa yang perlu kita panjatkan saat terbangun, ada syukur yang tersampaikan atas nikmatnya tidur dan masih terbangunnya diri untuk menjalani hari. Sayangnya, mengawali hal yang seperti ini kadang sering kita abaikan saat sehat.
  2. hidup lebih teratur; orang bilang sih ini tidak berpengaruh, tapi bagiku hal ini cukup banyak pengaruhnya. Saat terbangun di pagi hari dan melakukan suatu hal itu adalah ke-efisien-an diri untuk membagi waktu dengan baik. Terbangun saja tidak cukup ya, ada kegiatanlah yang membuat kita bisa mengatur waktu. Membuat to-do list, menyicil mengerjakan satu persatu kegiatan, dan perintilan pekerjaan rumah yang bisa dilakukan di pagi menjadikan kita lebih meng-olahraga-kan diri untuk bergerak, beraktifitas, dan bersosialisasi dengan sesama.
  3. waktu yang tepat untuk belajar; banyak orang-orang sukses yang melakukan hal ini. FYI, saat pagi hari otak masih kosong, belum terbebani oleh berbagai macam fikiran dan pekerjaan, maka digunakan sebaik mungkin untuk belajar adalah hal yang sangat tepat. Hafalan lebih cepat masuk, belajar lebih cepat faham, dan otak merespon dengan sangat baik atas apa saja yang kita pelajari. Mengolah otak di pagi benar-benar mengawali hari tanpa distraksi, tentunya tanpa membuka sosial media ya. 🙂

So, whatever your morning situation, protect your mornings!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s