Ujian Online : Tantangan dan solusi untuk pendidikan masa kini

Bulan Maret kemarin menjadi momen yang cukup berkesan buat saya. Saya menjadi bagian dari tim wara wiri untuk pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Ya, Tahun ini adalah tahun keempat pelaksanaan Ujian berbasis online, dan tahun kedua bagi sekolah kami. Berbasis online berarti perlu menggunakan media elektronik, dan sekolah kami belum memilikinya. Hmmm?  Rapat demi…

Menyambut pagi

 Think in the morning, act in the noon, read in the evening, and sleep at night.” WILLIAM BLAKE Ada banyak pilihan saat kita memulai hari. Bergegas bangun dan melakukan aktifitas, atau membuka mata namun diri tetap masih berada di atas kasur, atau bahkan cuma scroll-scroll medsos aja, sampai-sampai nggak sadar ternyata langit sudah begitu cerah….

Minimalist enthusiast

Menjadi sangat tertarik dengan hidup Minimalis dimulai saat status diri berganti menjadi seorang isteri. Hidup mandiri bersama suami dan anak, tinggal di rumah kontrakan yang ukurannya terlalu besar untuk ditempati oleh kami bertiga. Melihat seisi ruangan yang masih kosong, rasanya sangat membahagiakan. Membayangkan seorang bayi mungil yang bermain kesana kemari, tentu dia sangat senang karena…

Hidup lebih zero waste

Berdasarkan riset ilmuwan mengenai terumbu karang, Asia pasifik tahun 2011-2014, Indonesia menjadi tempat dengan sampah plastik terbanyak, sebanyak 26 bagian per 100 meter persegi terumbu karang adalah sampah. – Tempo Membaca berita tersebut, langsung miris, meringis dan sedih. apa yang akan terjadi dengan terumbu karang kita 10 tahun ke depan? Ah, kejauhan. Memang diri sendiri…

CATAT-MENCATAT BAGI PEREMPUAN

Track the past, order the present, and design the future – Ryder Carrol Sewaktu kecil, hobiku ialah membeli buku yang berwarna-warni di warung milik Uwa Ono. Paling tertarik kalo nemu buku yang kayak diary dan ada kuncinya, supaya curhatan-curhatan rahasiaku nggak ketahuan sama orang lain donk. Setelah bukunya penuh dan bahkan malu jika dibaca lagi…

“Puasa medsos”

Sekitar 2 tahun yang lalu aku mencoba untuk melakukan hal ini, “puasa medsos”. Menghapus segala media sosial : facebook, instagram, dan twitter. Memang kenapa harus dihapus sih? Alasan utama, karena memang memori hp sudah tidak mencukupi, maklum hape jadul. Alasan kedua, media sosial menjadi candu, terlalu mendistraksi otak kita, mendistraksi kegiatan primer kita, dan membuat…